Home > PAUD > Silabus metode pengembangan sosial emosional anak usia dini

Silabus metode pengembangan sosial emosional anak usia dini

Nama mata kuliah             :     METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL  ANAK USIA DINI (AUD)

Kode / jumlah SKS            :     MKK 4203 / 3 (Tiga)

Kompetensi mata kuliah    :    Menguasai ruang lingkup substansi metode pengembangan Sosial Emosional  Anak Usia Dini (AUD) sebagai landasan untuk mampu memberikan bimbingan dan mengembangkan anak usia dini (AUD) secara optomal sesuai dengan tahapan serta tugas-tugas perkembangannya

Elemen kompetensi                :           Profesional

Substansi Matakuliah

Membahas : 1. Konsep-konsep Dasar Perkembangan : Hakikat perkembangan, Kharakteristik perkembangan, Prinsip-Prinsip perkembanan, Tahap dan tugas perkembangan, Aspek-Aspek perkembangan, Teori-Teori perkembangan. 2. Konsep-konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) : Kebutuhan perkembangan AUD, Prinsip-Prinsip perkembangan AUD, Tahap dan tugas perkembangan AUD, Aspek-Aspek Perkembangan AUD. 3. Pengemganan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Konsep dasar Sosial Emosional, Pola perkembangan Sosial Emosional AUD, Prinsip-prinsip perkembangan Sosial Emosional AUD. 4. Strategi dan Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Prinsip-Prinsip pengembangan sosial emosional AUD, Strategi pengemgbangan sosial emosional AUD, Metode-metode pengembangan sosial emosional AUD.

 

 

SUMBER BELAJAR

A.         Brewer, Jo Ann, 1992, Introduction to Early Childhood Education, Boston, USA: Allyn and Bacon

B.         Burstein, A., 2000, Petunjuk Lengkap Mendidik Anak, Jakarta: Mitra Utama

C.  Brown, A.L. & Campione, J.C., 1998, Social Interaction and IndividualUnderstandig in A Community of Learners: The Influence of Piaget and vgostsky, East Sussesx, England : Psychologi press

D. Curry, N.E. & Johnson, C.N., 1990, Beyond Self-Esteem: Developing Genuine Sense of Human Balue, Washington, D.C: NAEYC

E.  Gessel, A., 1969, Child Development: Infant and Child, New York; Harper & Bros

F.  Hall, Calvin S., 1970, Sigmund Freud: suatu pengantar ke Dalam Psikologi Sigmund Freud, Jakarta : PT. Pembangunan

G. Hall, Calvin S., 1979, A Primer or Freudian Psychology, California: Santa Cruz

H.  Hapidin, 1999, Model – Model Pendidikan Untuk Anak Usia Dini, Jakarta : Ghiyats Alfiani Press

I.   Hidayat, Heri, 2003, Aktivitas Mengajar Anak TK: Panduan Mahasiswa PGTK / PGRA, Guru, dan Orang Tua, Bandung: Katarsis

J.  Hurlock, E.B., 1996a, Perkembangan Anak (Jilid  1 & 2), Jakarta: Erlangga

K.  Hurlock, E.B., 1996b, Psikologi Perkembangan : suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta Erlangga

L.  Miller, Regina, 1996, The Developmentally Appropriate Inclusive Calssroom in Early Choldhood Education, Delmar Publisher

M. Morrison, George s., 1988, Early childhood Education Today, Columbs: Merril Publishing Co.

N.  Shapiro, L.E., 1998, Mengajarkan Emotional Intelligence pada anak, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

O. Tim Redaksi Familia (Ed.), 2003, Perilaku Anak Usia Dini :Kasus dan pemecahannya, Yogyakarta : Kanisius

P.  Vialle, Wilma; Lyisaght & wewrinikina, Irina, 2000, Handbook on Child Development, Australia: Social Science Press

Q. Wahyudi dan Damayanti, 2005, Program Pendidikan utuk Anak Usia Dini Di Prasekolah Islam, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

R.  Wolfgang, Charles H. & Wolfgang, Mary E., 1992, School for Young Children: Developmentally Appriate Practice, Boston, USA: Allyn and Bacon

Categories: PAUD Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: