Home > Artikel, PAUD, Pendidikan > Strategi penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)

Strategi penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)

Pembelajaran Contextual teaching and learning atau dikenal dengan CTL merupakan bentuk pembelajaran yang mengutamakan interaksi nyata antara siswa, materi belajar dan lingkungan. metode Contextual teaching and learning  (CTL) merupakan bagian pendekatan belajar yang berpusat pada peserta didik, diharapkan dengan model Contextual teaching and learning atau dikenal dengan CTL pengalaman dan keinginan belajar bersubjek pada diri siswa.

Barangkali model Contextual teaching and learning (CTL), akan mewujudkan suasana belajar lebih bermakna. karena melibatkan ketiga aspek perkembangan dalam satu paket, yaitu:

  1. Apsek kognitif
  2. Aspek Afektif
  3. Aspek Psikomotorik

Aspek kognitif disini, siswa bereksperimen atau mengamati sesuatu sesuai rencana dan desain belajar dan memupuk keterampilan berfikir mereka, merelevansikan materi ajar dengan kegiatan nyata. kemudian pada aspek afektif, adanya keterlibatan dan interaksi sosial yang terjadi, baik siswa dengan lingkungan sosial, sesama siswa, dengan Guru.

Pada aspek Motorik atau psikomotorik, dapat diartikan melalui barangkali model Contextual teaching and learning (CTL), adanya kegiatan yang melibatkan fisik dan keterampilan langsung, merupakan pengembangan/pelibatan didaerah psikomotorik. barangkali ini sekedar gambaran singkat tentang model Contextual teaching and learning (CTL) serta relevansinya dengan pembelajaran bermakna.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: