Home > Artikel, Journal, PAUD, Pendidikan > Vygostsky dan teori perkembangan sosial

Vygostsky dan teori perkembangan sosial

Ringkasan: Teori Perkembangan Sosial berpendapat bahwa interaksi sosial mendahului perkembangan; kesadaran dan kognisi merupakan produk akhir dari sosialisasi dan perilaku sosial. Lev Vygotsky (1896-1934). Keyword: Zona proksimal Development (ZPD), The More Knowledgeable Other (MKO) Teori perkembangan Sosial Vygotsky merupakan karya psikolog Rusia yakni Lev Vygotsky (1896-1934), yang hidup pada masa Revolusi Rusia.

Karya Vygotsky sebagian besarmasuk ke Barat dimulai pada tahun 1962. Teori Vygotsky adalah salah satu dasar dari konstruktivisme. Ini menegaskan tiga tema besar: Tema utama: 1.Interaksi sosial memainkan peran penting dalam proses perkembangan kognitif.

Berbeda dengan pemahaman Jean Piaget perkembangan anak (di mana harus mendahului perkembangan belajar), pembelajaran sosial Vygotsky merasa lebih mendahului perkembangan. Ia menyatakan: “Setiap fungsi dalam perkembangan budaya anak muncul dua kali: pertama, pada tingkat sosial, dan kemudian, pada tingkat individu;, antara orang-orang (interpsychological) dan kemudian dalam diri anak (intrapsychological).” (Vygotsky, 1978 ).

Vygotsky melihat bahwa perkembangan kognitif berjalan dan meningkat melalui hubungan social, adanya bantuan orang lain sehingga membantu menaikkan derajat pemahaman pada anak. 2. The More Knowledgeable Other (MKO). MKO mengacu kepada siapa saja yang memiliki pemahaman yang lebih baik atau tingkat kemampuan yang lebih tinggi, sehubungan dengan tugas tertentu, proses, atau konsep. MKO biasanya dianggap datang dari seorang guru, pelatih, atau lebih dewasa, tetapi juga bisa MKO teman sebaya, orang yang lebih muda, atau bahkan komputer. Hal tersebut penting dengan catatan bahwa yang disebutkan diatas bagi anak dapat dianggap model, yaitu seseorang yang dipercaya oleh anak atau menemukan pengetahuan melalui interaksi dengannya. Tanpa dianggap model, maka sulit sekali bagi orang lain untuk memberikan bantuan pada anak, karena tidak adanya kecocokan. 3. Zona Proksimal of Development (ZPD). ZPD adalah jarak antara kemampuan seorang anak untuk melakukan tugas di bawah bimbingan orang dewasa dan / atau dengan rekan dan kemampuan anak memecahkan masalah secara mandiri. Bimbingan orang lain tersebut yang dapat mengangkat satu derajat pemahaman anak dan seterusnya.

Menurut Vygotsky, pembelajaran terjadi di zona ini. Vygotsky berfokus pada hubungan antara rakyat dan konteks sosiokultural di mana mereka bertindak dan berinteraksi dalam berbagi pengalaman (Crawford, 1996). Menurut Vygotsky, manusia menggunakan alat-alat yang berkembang dari budaya, seperti berbicara dan menulis, untuk menengahi lingkungan sosial mereka. Pada mulanya anak-anak mengembangkan alat-alat ini untuk melayani semata-mata sebagai fungsi sosial, cara-cara untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka. Vygotsky percaya bahwa internalisasi dari alat ini menyebabkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Aplikasi dari Teori Perkembangan Sosial Vygotsky Banyak sekolah secara tradisional atau transmissionist menerapkan model instructionist di mana seorang guru atau dosen ‘menularkan’ informasi kepada siswa. Sebaliknya, teori Vygotsky mempromosikan konteks belajar di mana siswa berperan aktif dalam belajar. Peran guru dan murid bergeser, sebagai guru harus bekerja sama dengan anak untuk membantu memfasilitasi proses konstruksi makna pada siswa. Oleh karena itu belajar menjadi pengalaman timbal-balik bagi para siswa dan guru. Lihat: Driscoll, MP (1994). Psychology of Learning for Instruction. Needham, MA: Allyn & Bacon.

Rujukan lain: Vygotsky and important points of his thinking

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: